Jalur Mandiri Unand 2016 Telah Dibuka

loading...
Berbagiberita.xyz- Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, maka pada tahun 2016 ditentukan 3 (tiga) pola seleksi masuk perguruan tinggi negeri.
 Pola pertama adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dengan kuota minimal 40% dari daya tampung. SNMPTN adalah pola seleksi yang berdasarkan kepada nilai raport, prestasi siswa, nilai sekolah, dan atau nilai alumni. 
Pola kedua adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang merupakan pola seleksi dengan tes tertulis, dengan kuota minimal 30% daya tampung. Seleksi mandiri PTN adalah pola ketiga yang memberikan kesempatan kepada setiap PTN untuk mengadakan seleksi mahasiswa baru secara mandiri. Kuota untuk seleksi mandiri ini adalah maksimum 30% dari daya tampung.

Rektor Unand menyatakan bahwa Unand pada tahun 2016 ini akan mengadakan ketiga pola seleksi mahasiswa baru tersebut, dengan kuota sesuai ketentuan. Unand bergabung bersama 12 PTN lain untuk mengadakan seleksi Ujian Mandiri Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT).
PTN yang bergabung dalam UMBPT, selain Unand, adalah UNSYIAH (Banda Aceh), UNIMAL (Lhokseumawe), UTU (Meulaboh), UNSAM (Langsa), USU (Medan), ISI Padang Panjang (Padang Panjang), UMRAH (Tanjungpinang), UNJA (Jambi), UNTIRTA (Banten), UT (Jakarta), UNPAR (Palangka Raya), UBT (Tarakan).
Informasi mengenai jalur mandiri Universitas Andalas dapat dilihat pada laman pmb.unand.ac.id.
Biaya pendidikan bagi mahasiwa yang diterima pada jalur mandiri di Unand dapat dilihat pada laman http://pmb.unand.ac.id/index.php/umbpt/biaya-pendidikan. Sama seperti SBMPTN, ujan jalur mandiri Unand ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/ SMK/ MA sederajat tahun 2014, 2015, dan 2016. Selain pada setiap PTN yang bergabung, peserta dapat melakukan tes di outlet-outlet yang telah ditentukan, yaitu Outlet Palembang, Outlet Pekanbaru, OutletBandar Lampung, Outlet Bogor, Outlet Bandung, dan OutletSurabaya.
Calon peserta harus mencermati jadwal akhir pendaftaran. Pembayaran di Bank dibuka sampai dengan tanggal 22 Juli 2016. Sedangkan pencetakan kartu ujian dapat dilakukan sampai dengan tanggal 23 Juli 2016 jam 11.30 WIB/ 12.30 WITA. 
Jika sampai tanggal tersebut calon peserta tidak mencetak kartu ujian maka dianggap mengundurkan diri.
Semoga para alumni SMA/ SMK/ MA sederajat 3 tahun terakhir dapat memanfaatkan jalur mandiri ini untuk menjadi mahasiswa Unand, salah satu PTN terakreditasi A.
Sumber: unand.ac.id
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
23 July 2016 at 09:41 delete

http://pmb.unand.ac.id silahkan dicek disana gan, di website resminya :)

Reply
avatar